Selasa, 29 November 2016

Listrik Tiga Kecamatan di Kudus dan Perbatasan Jepara Padam Akibat Travo Induk Konslet


Jepara Update, Kudus – Akibat Travo Induk Konslet - Ribuan pelanggan PLN Kudus di tiga kecamatan, yakni Jati, Kota, Gebog hingga perbatasan Jepara (Kecamatan Nalumsari), terpaksa melakukan aktifitas tanpa listrik, Selasa (29/11/2016) siang. Itu lantaran, PLN melakukan pemdaman karena travo gardu induk mengalami korsleting listrik.

Dari pantauan di lapangan, pemadaman memang terjadi sekitar empat jaman. Mulai dari pukul 11.00 WIB hingga 15.00 WIB. Akibatnya, sejumlah kegiatan yang menggunakan listrik terganggu. Apalagi, PLN tak segera melakukan perbaikan ataupun pemberitahuan kepada pelanggan.

”Kami minta maaf karena adanya pemadaman ini, namun kami sudah memperbaikinya secepat mungkin,” katanya Bagian Humas PLN Kudus Arif Nuryadi, Selasa (29/11/2016).

Menurut dia, pemadaman listrik terjadi bukan keinginan dari pihak PLN. Melainkan murni ada gangguan pada travo di gardu induk yang bermasalah.

Awal mulanya konslet, ujarnya, terjadi saat pemeliharaan di travo II. Pemeliharaan sejak pagi buta tersebut, membuat pelanggan di travo II dialihkan ke travo I dan juga Travo III. Sayangnya, saat penggantian tersebut tidak bertahan lama, sehingga travo III malahan konslet.

”Kejadian tersebut sekitar pukul 11.30 WIB siang tadi. Jadi otomatis pelanggan di travo III dan sebagian travo II yang masih dalam pemeliharaan langsung padam,” katanya.

Akibat travo yang rusak/konslet, petugas yang menyalurkan listrik juga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Konsidi tersebut memaksa listrik padam di banyak tempat yang dialiri listrik dari jalur travo yang konslet ini.

”Travo III yang konslet itu, mengeluarkan cairan semacam minyak dari dalam travo. Hal itu membuat travo terganggu dan tidak dapat berfungsi dengan semestinya. Dengan demikian pula maka pelanggan juga terpaksa padam mohon maaf atas nama PLN untuk pelanggan,” ungkapnya.

Melihat hal itu, akhirnya PLN mengebut perbaikan tavo II yang sedang diperbaiki. Hasilnya, sekitar jam 14.45 WIB, listrik sudah kembali menyala dengan mengambil travo I dan Travo II
Sementara untuk travo I, kondisinya masih aman. Sehingga untuk kawasan Kaliwungu ke arah barat masih hidup listriknya seperti biasanya, meskipun juga digunakan membantu travo lainnya.

“Untuk Travo III masih ditangani oleh tim. Kemungkinan besar nanti malam akan selesai dan akan kembali normal seperti sedia kala,” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up