Selasa, 24 Januari 2017

Cara Cepat Perkalian Angka Sembilan

Pendidikan, Menghitung merupakan kegiatan yang kita lakukan disetiap aktivitas sehari- hari. Tanpa disadari maupun tidak hidup kita dipenuhi dengan perhitungan dan angka. Misalnya saja saat kita mau membuat donat kita harus menghitung dulu berapa tepung yang digunakan. Saat kita memprediksi hari kelarihan anak, kita juga harus menghitungnya terlebuh dahulu. Saat kita mau membeli snack di toko kita bertemu lagi dengan hitung-hitungan. Bahkan saat menentukan hari pernikahan dalam adat jawa harus dilakukan perhitungan angka weton terlebih dahulu.

Ilmu matematika sederhana yang sering kita jumpai ini memang menjadi bekal dalam kehidupan sehari-hari. Sejak masih duduk disekolah dasar kita diajari untuk menghafalkan perkalian, penjumlahan, pengurangan dan juga pembagian. Dengan rumus yang diajarkan disekolah tentu kita dapat dengan mudah mengerjakan soal hitung- hitungan. Bahkan hanya dengan sepuluh jari yang kita miliki kita bisa menggunakanya untuk menghitung.

Masyarakat mulai menggunakan jari untuk menunjukan bilangan. Misalnya untuk memesan satu es krim biasanya menggunakan isyarat jari telunjuk yang diacungkan dan keempat jari lainya menggengam. Dan untuk menunjukan bilangan dua dengan mengacungkan jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan jari yang lainya menggengam.  Isyarat yang lazim digunakan banyak orang ini memang memudahkan dalam berkomunikasi.

Selain hanya menyebut bilangan sederhana menggunakan jari kita, kita juga bisa menggunakan jari kita untuk menghitung operasi bilangan sederhana. Misalnya operasi perkalian. Tips untuk menghitung perkalian sederhana menggunakan jari ini kerap diajarkan guru kita waktu sekolah dasar dulu, biasanya bilangan yang bisa dihitung dengan jari adalah perkalian angka diatas enam dengan angka diatas enam pula. Misalnya 6 x 7 , 7 x 8 , dan seterusnya. Caranya adalah dengan menggunakan kesepuluh jari kita. Misalnya kita ingin mengalikan bilangan tujuh dengan bilangan delapan, lalu ikuti langkah berikut ini :
Tangan yang sebelah kiri untuk angka enam dan tangan kanan untuk angka delapan.
Kemudian jari yang kiri yang menunjukan angka enam tadi ditekuk ibu jari saja dan jari lainya biarkan mengacung ke atas

Untuk jari yang sebelah kanan menunjukan angka delapan maka tekuk tiga jari kita, mulai dari ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah

Setelah  jari- jari  yang ada dikedua tangan kanan dan kiri kita sudah ada yang tertekuk, kemudian jumlahkan. Berapa jumlah jari yang tertekuk baik di sebelah kiri maupun kanan

Ditangan kiri kita hanya satu jari yang ditekuk dan di sebelah kanan ada tiga jari yang ditekuk berarti jumlahnya ada empat jari yang tertekuk. Dan angka empat ini yang akan menjadi angka puluhan pada operasi bilangan 6 x 8 ini.

Untuk mencari satuanya yaitu dengan mengalikan jari yang mengacung ke atas. Disebelah kiri ada empat jari yang mengacung keatas dan disebelah kanan ada dua jari yang mengacung keatas. Berarti empat dikalikan dengan dua hasilnya delapan. Dan angka delapan inilah yang dijadikan  satuan pada operasi bilangan tersebut.

Jadi dari perhitungan menggunakan tangan operasi angkan 6 x 8 hasilnya adalah 48.

Diatas adalah cara mudah untuk mengalikan angka, namun tak kalah dengan banyak rumus matematika atau cara untuk menghitung. Dengan jari kita juga mempunyai rumus lainya. Yaitu saat kita ingin mengalikan angka sembilan dengan angka lainya. Misalnya 9 x 6 , 9 x 9. Ada cara yang mudah hanya menggunakan sepuluh jari kita, misalnya kita ingin menghitung 9 x 5 . maka ikutilah langkah berikut.

Kesepuluh jari kita digunakan sebagai angka yang akan dikalikan sembilan. Acungkan kesepuluh jari kita. Jika soalnya adalah angka lima maka hitung mulai dari kelingking ditangan kiri sampai lima angka dan berhenti di ibu jari.

Lalu tekuk ibu jari saja, karena angka lima berada di ibu jari
Setelah itu hitung disebelah kiri ibu jari berapa jumlah jari yang mengacung keatas. Jumlahnya yaitu empat jari. Dan angka empat ini digunakan sebagai angka puluhan pada operasi bilangan tersebut.

Kemudian jari yang mengacung disebelah kanan ibu jari yang ditekuk tadi berjumlah lima jari. Dan angka lima ini digunakan sebagai angka satuan dalam operasi tersebut.
Jadi hasil dari 9 x 5 adalah 45.

Cara untuk mengalikan angka tertentu dengan angka sembilan caranya sama.


Itulah sedikit cara mudah untuk mengalikan angka sembilan menggunakan jari tangan kita. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up