Selasa, 24 Januari 2017

Cara Menghadapi dan Menyikapi Dosen Killer

Pendidikan, Mahasiswa adalah jenjang yang lebih tinggi yang akan di alami oleh siswa, tentunya saat ia memutuskan untuk melanjutkan pendidikanya. Bagi mahasiswa semester awal adalah waktunya beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru, teman – teman baru dan juga pelajaran yang baru juga tentunya. Banyak mahasiswa yang di sibukkan dengan tugas yang diberikan oleh dosen, banyaknya tugas yang diberikan tentunya sesuai dengan tipe dosen masing – masing. Banyak dosen yang hobinya memberi banyak tugas mingguan kepada mahasiswanya tapi ada juga yang memberi tugas hanya satu kali dalam satu semester.

Menjadi mahasiswa yang ingin memiliki Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK ) yang tinggi tentunya mengerjakan tugas adalah kegiatan yang wajib dan harus dikerjakan, sebagai syarat untuk memperoleh nilai A dari dosen. Tapi mengerjakan tugas juga bukan jaminan utama, terkadang tugas dikerjakan semua namun tidak bisa mendapat nilai A. Wallahualam ini adalah rahasia Tuhan dan dosen. Apapun itu berusaha menuruti kata dosen adalah baik adanya jika memang ingin mendapat nilai baik.

Dengan banyaknya karakter dosen tentunya masih ada dosen yang super disiplin dan perfectionist. Dosen yang seperti itu mungkin sulit untuk meluluhkan hatinya untuk memberi nilai A. Namun hal ini akan mudah jika kita tau kunci dari penilaian dosen tersebut. 

Berikut yang bisa kita lakukan saat meghadapi dosen killer :

1. Jangan Protes
Dosen yang killer mempunyai kedisiplinan tersendiri dan pendirian yang teguh. Saat kontrak kuliah tentunya dosen sudah mempertimbangkan bahan kontrak yang memang rasional, dan mahasiswa teladan adalah yang mengingat ingat dan mematuhi kontrak kuliah, karena itu adalah kata kunci perkuliahan selama satu semester.

2. Tak Kenal Maka Tak Sayang
Pendekatan emosional memang harus dilakukan dan mulailah dengan berkenalan dengan dosen. Dosen tentunya sulit untuk mengingat semua mahasiswa yang mengikuti perkuliahanya, oleh karena itu kita harus menarik perhatian dosen terlebih dahulu caranya dengan aktif dikelas. Bukan aktif membuat keributan tapi aktif bertanya dan mengemukakan pendapat. Dengan cara itu beberapa minguu kemudian kita pasti akan jadi mahasiswa yang di ingat oleh dosen.

3. Tulislah
Menulis adalah hal sederhana yang sulit dilakukan oleh mahasiswa, karena merasa bukan jamanya SMA yang selalu tulis tangan, dosen memang jarang menyuruh mahasiswanya untuk menulis saat perkuliahan. Tapi dosen hanya memberikan inti dari materi yang disampaikan dan itu yang harus dicatat oleh mahasiswa karena itu adalah bahan untuk membuat soal ujian nantinya.

4. Ontime
Dosen sangat menyukai mahasiswa yang mengerjakan tugas dan mengumpulkanya tepat waktu, kalau bisa mengumpulkan sebelum batas pengumpulan, karena kita akan dikenal saat menjadi mahasiswa pertama yang mengumpulkan tugas. Selain tepat waktu dalam mengumpulkan tugas, kita harus ontime saat masuk kelas, karena dosen akan selalu mengingat mahasiswanya yang sering telat masuk kelas.  

5. Jangan Pakai Rumus CV
Betapa indahnya saat kita bisa mengerjakan tugas dengan kemampuan kita dan tidak meniru orang lain. Dosen killer selalu tau mana mahasiswa yang hanya mengerjakan tugas dengan Ctrl+C lalu Ctrl+V . jadi, hati – hati karena cara instn ini mungkin seketika akan membuat nilai turun. Dan efek parahnya lagi dosen akan mengecap kita sebagai mahasiswa yang suka kopas.

Itulah sedikit cara untuk menghadapi dosen yang killer, semoga bermanfaat dan memperlancar proses perkuliahan kita. Apapun caranya jangan sampai menempuh cara yang tidak baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up