Jumat, 06 Januari 2017

Fenomena bulan bercincin di Jepara


Fenomena bulan bercincin terjadi di langit Jepara terlihat jelas, sekira pukul 07.00 hari ini, 06 Januari 2017. Masyarakat yang melihat itu sempat memberi tahu redaksi Jepara Update, melalui pesan singkat.
“Lihat ke luar ada fenomena alam, bulan seperti dilingkari cincin,” tulis seseorang pada redaksi jepara update kabar dari salah satu teman.

Penasaran dengan informasi itu, ketika redaksi melihat keluar ternyata memang tampak cincin yang sudah berukuran besar melingkari bulan yang terlihat berwarna putih. Dari pantau kamera, tampak ada warna-warni cahaya yang mengelilingi, meski pun tidak tampak begitu jelas. Namun, terlihat paling dominan berwarna putih dan kuning keemasan.

Informasi dihimpun, dari sisi ilmiah fenomena cincin di sekitar bulan atau yang disebut halo tidak mirip dengan halo matahari. Halo bulan umumnya pada malam hari dan berwarna putih namun halo matahari menampilkan pelangi berbentuk lingkaran.

Halo bulan disebabkan oleh pembiasan cahaya bulan yang merupakan cermin sinar matahari, dari kristal es di bagian atas atmosfer.

Pembekuan super tetesan air dingin dan ada di awan cirrus yang terletak di ketinggian 20.000 kaki atau lebih melahirkan kristal es. Kristal ini berperilaku seperti permata pembiasan, dan mencerminkan ke arah yang berbeda.

Halo berasal dari sinar yang melewati sisi enam kristal es di atmosfer tinggi. Kristal es ini membiaskan atau menekuk cahaya dengan cara yang sama seperti belokan lensa kamera cahaya.

Cincin ini memiliki diameter 22 derajat. Kadang-kadang, jika beruntung, bisa dilihat cincin kedua, yang berdiameter 44 derajat. Bentuk kristal es menghasilkan fokus cahaya ke dalam sebuah cincin.
Keberadaan kristal es yang biasanya memiliki bentuk yang sama, bentuk heksagonal sehingga cincin bulan hampir selalu berukuran sama.

Lingkaran cahaya bisa dihasilkan oleh sudut pandang yang berbeda dalam kristal, dan lingkaran cahaya dapat dibentuk dengan sudut 46 derajat.

Terimah kasih semoga anda terhibur dengan fenomena alam yang menakjubkan bulan cicin malam ini di Jepara dan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up