Senin, 09 Januari 2017

Seluruh siswa SMAN 1 Mlonggo Unjuk Rasa/Demo "Om Lengser OM"


Jepara Update, Seluruh siswa SMAN 1 Mlonggo melakukan aksi unjuk rasa (DEMO) menuntut Kepala Sekolah Gunawan Amrillah supaya dipecat dari jabatan, Senin (9/1/2017).

Kejadian sebelumnya pada Jumat(6/1/2017) lalu,puluhan siswa SMA N 1 Mlonggo siswa yang terlambat dihukum oleh kepsek Gunawan ditengah guyuran hujan deras. Peristiwa itu mengakibatkan belasan siswa pada pingsan kemudian dilarikan ke puskesmas dan dua diantaranya harus dirawat intensif di RSI Sultan Hadlirin Jepara.

Sebelum aksi unjuk rasa/Demo hari ini, pada Sabtu (7/1/2017) ratusan siswa SMA N 1 Mlonggo juga tidak berangkat kesekolah. Hanya sekitar 60 siswa saja yang berangkat kesekolah, namun pihak sekolah kemudian mengambil langkah untuk memulangkan siswa yang sudah berangkat.

Aksi demo yang dilakukan ratusan siswa tersebut dimulai sejak pukul 06:30 wib. Para siswa membawa spanduk dengan bertuliskan berbagai kritikan dan kekecewaan siswa terhadap sikap kepseknya, diantaranya ” OmLengser Om”, ” SMA N 1 Mlonggo Ini Sekolah Negeri Bukan Militer”, serta ada pula yang membuat spanduk yang bertuliskan ” Aturanmu Lucu Kang “, dan yang lainya.

Dalam aksi unjuk rasa ini, juga dilakukan pengumpulan tanda tangan agar Kepala SMAN 1 Mlonggo Gunawan Amrillah lengser dari jabatannya. “Yang Bertanda Tangan Setuju Gunawan Dilengserkan.”
Salah seorang siswi kelas XII Kintan mengatakan, tulisan-tulisan tersebut sudah dibuat sejak Jumat lalu, secara spontan, yang kemudian hari ini diadakan aksi. “Bukan berarti kita mendemo guru, namun dengan aksi ini kita hanya menginginkan perlakuan yang dilakukan oleh kepala sekolah itu bisa dihindari,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, perlakuan kepala sekolah tersebut tak hanya menghukum siswa siswi saat hujan deras seperti kemarin saja, melainkan juga ada perlakuan yang lainnya. “Tahun lalu, ada salah satu danton atau pemimpin barisan upacara tiba-tiba ditendang. Kami juga tak tahu apa alasannya. Padahal yang lainnya tak diapa- apakan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan salah satu siswa lainnya.“Dalam dua tahun ini kita sudah diam atas kebijakan yang membuat proses pembelajaran di sekolah menjadi tak nyaman. Tuntutan kami tidak muluk-muluk, yaitu, Pak Gunawan agar tak lagi menjabat sebagai kepala sekolah di tempat kami. Kami ingin ada kegembiraan dan senyum kembali di sekolah ini,” ujar siswa.

Sekda berjanji, dalam waktu sepekan kedepan status Kepsek Gunawan akan jelas. “Hari ini Pak Plt Bupati Jepara Ihwan Sudrajat ke provinsi untuk melapor hal ini ke Gubernur. Sebab, kewenangan SMA saat ini kan sudah ada di provinsi. Dalam hal ini, kami hanya melaporkan dan memberikan rekomendasi agar Gunawan tak lagi menjadi Kepala SMA N 1 Mlonggo,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up