Sabtu, 07 Januari 2017

Ketegangan Hubungan Indonesia-Australia Kembali Lagi


Terbaru - Indonesia kembali bersitegang dengan Australia. Memang bukan hal baru. Hubungan kedua negara dikenal tidak stabil, khususnya terkait kerja sama militer. Diketahui, Indonesia-Australia baru saja menyelesaikan latihan militer bersama mereka pada September 2016, setelah menanti 20 tahun, sejak 1995. Saat itu, beberapa kerja sama militer dihentikan terkait ketegangan yang muncul karena keterlibatan Australia di krisis Timor Leste. 

Namun, kemesraan kedua negara tidak berlangsung lama. Nyatanya pada pertengahan Desember 2016, TNI melayangkan permintaan penghentian kerja sama militer yang sudah terjalin, untuk sementara waktu. Baik latihan maupun tukar-menukar perwira.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo buka suara mengenai alasan ‎penghentian sementara kerja sama tersebut pada awal Januari 2017. Kabarnya, selama kerja sama itu dijalankan, Indonesia telah mengirimkan pasukan khusus Angkatan Darat (AD) ke Australia untuk mengajar para prajurit militer Australia. Namun ternyata kurikulum yang diterapkan dan perilaku militer Australia menunjukkan sikap yang mendiskreditkan. 

Naik Turun Hubungan Indonesia-Australia
Indonesia baru saja menyelesaikan latihan militer pertama bersama dengan australia sejak krisis Timor leste, dua dekade lalu. Tapi, kini hubungan kedua negara kembali tegang.

  • Pasca Bom Bali

Australia kembali menghidupkan kerja sama militer dengan Indonesia setelah 88 warganya tewas saat serangan teroris di Bali 2002.

Indonesia dan Australia mempererat kerjasama militer terutama setelah kasus Bom Bali 2002 yang menewaskan 202 orang termasuk 88 warga Australia, dan pemboman Kedutaan Besar Australia di Jakarta pada tahun 2004. Pertukaran di bidang pertahanan dimulai lagi, setelah sempat terhenti akibat konflik Timor Timur.

Pada bulan Desember 2015, atas informasi dari Kepolisian Federal Australia, polisi Indonesia menangkap sembilan orang atas dugaan ancaman teror. Kedua negara ini lantas menandatangani memorandum anti-teror di bulan yang sama.

Pada bulan Agustus tahun lalu, salah seorang ahli menyatakan bahwa kerjasama Indonesia-Australia di bidang intelijen dalam hal penanganan terorisme sebagai hubungan terbaik di dunia.
  • Rujuk

#. Australia dan Indonesia mendatangi Kode Etik Tata Kelakuan (COC) Penyadapan.
#. Polisi Federasi Australia (AFP) Menghentikan Investigasi kejahatan perang dalam kasus pembunuhan lima wartawan Australia oleh TNI di Timor Leste pada 1975.
  • Latihan Bersama

September Indonesia latihan militer bersama di Australia setelah 20 tahun.
  • Krisis Timor Timur

Indonesia mencabut kesepakatan 1995 dengan Australia terkait keterlibatan Australia di pembebasan Timo Timur
Australia membatalkan kerja sama latihan militer bersama dengan indonesia.
  • Australia Sadap Presiden RI

Terkuaknya skandal penyadapan yang dilakukan Badan Intelejen Australia (ASIO) kepada Presiden SBY. Adapun respon Indonesia:
#. Menghentikan sementara kerja sama militer
#. Menarik Duta Besar untuk Australia, Nadjib Riphat.
  • Tegang Kembali

Indonesia eksekusi mati warga Australia yang terpidana narkoba (Bali Nino), Adapun respon Australia:
#. Menarik pulang Duta Besar
#. Ancam memboikot pariwisata Indonesia

Pelaksanaan hukuman mati terhadap para pengedar narkoba asal Australia, pelanggaran wilayah perairan Indonesia oleh Angkatan Laut Australia, kegiatan memata-matai dan perlakuan kejam terhadap sapi-sapi yang diimpor dari Australia menjadi berita utama di kedua negara, selama bertahun-tahun.

Namun, jika kita melihat lebih dekat hubungan antara Indonesia dan Australia ini, ternyata ada kisah yang lebih rumit - kerjasama perdagangan yang menghasilkan uang miliaran dollar, pariwisata, kerjasama penanganan terorisme, penyelundupan manusia, dan kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan.
  • Pancisila Dihina

Desember, Indonesia memutuskan menghentikan sementara kerjasama militer dengan Australia, Di duga terkait penemuan materi pelatihan yang menghina lambang negara Indonesia, Pancasila.

Kurikulum dan pelajarannya, begitu juga siswanya, banyak yang didiskreditkan, tentang tentara yang dulu, Timor leste, Papua juga harus merdeka, dan tentang pancasila yang diplesetkan jadi Pancagila. Dari situ maka saya tarik guru tersebut dan saya hentikan dulu,” Panglima TNI di Menara Bidakara, Jakarta Kamis (5/01/2017)

Apa respons di pihak seberang? 
Pemerintah Australia menanggapi serius penghentian sementara kerja sama pertahanan dengan Indonesia. Menurut TNI, penundaan ini didasari sejumlah persoalan teknis. Menteri Pertahanan Australia Marise Payne mengatakan, kepala militer negaranya sudah melakukan kontak dengan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo. Investigasi akan dilakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SackralL band

Up